Sebagai Program Studi yang sedang berkembang Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih masih memerlukan pembenahan diri dan masih memerlukan acuan terhadap komponen-komponen seperti dalam hal penyampaian teori, menerapkan praktik kerja lapangan, menerapkan studi banding ke instansi lain, acuan dalam penulisan tesis, sarana dan prasarana perkuliahan. . Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas alumni dan akreditasi program studi serta program studi yang mengacu kedalam hal-hal diatas. . Pesatnya persaingan kerja dan kebutuhan tenaga kerja mayoritas dilihat dari akreditasi program studi yang bersangkutan  tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan studi banding dapat membantu pengembangan program studi.

Fakultas Teknik (FT) adalah salah satu fakultas pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, berdiri tahun 1960. Ketika itu kampus UNHAS. Seiring perkembangan, Fakultas Teknik Unhas maka dibangun pula Fakultas Teknik yang berada di Kampus Teknik Gowa yang saat ini telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla pada tanggal 23 Juni 2018. Saat ini Fakultas Teknik memiliki 13 Departemen Sarjana, 6 Program Studi Magister , 5 Program Studi Doktor dan 1 Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PPI).

Transportasi akan mendiskusikan mengenai Perencanaan Transportasi; Rekayasa & Manajemen Lalu Lintas; Transportasi Publik; Transportasi Barang/Logistik; Keselamatan Transportasi; Perpakiran; SIG Transportasi dan ITS; dan Geoteknik Transportasi. Untuk topik Infrastruktur, akan mendiskusikan sub-sub topik Rekayasa Infrastruktur Jalan; Rekayasa Infrastruktur Jembatan; Rekayasa Infrastruktur Bandar Udara; Rekayasa Infrastruktur Pelabuhan; Rekayasa Material Infrastruktur Transportasi; dan Manajemen Infrastruktur Transportasi. Untuk topik Lingkungan, akan mengeksplorasi sub-sub topik Kebisingan Moda Transportasi; Emisi Moda Transportasi; Ruang Terbuka Hijau (RTH); Manajemen Lingkungan; dan Geoteknik Lingkungan. Tujuan studi banding antara lain sebagai salah satu persyaratan dalam penulisan tesis, Untuk mengetahui teori Transportasi;  Bandar Udara; Rekayasa Infrastruktur Pelabuhan, diskusi masalah dan topik perencanaan wilayah yang yang di alami di Papua. Bentuk Kegiatan Sebagai berikut:

1. Pembukaan, yaitu diawali dengan kata sambutan dan penerimaan peserta studi banding secara resmi oleh Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Si., M.Eng.Sc., Ph.D. Kepala Laboratorium Riset Infrastruktur Transportasi, Pelabuhan dan Bandar Udara Universitas Hasanuddin dan Dr. Ir. Hj. Sumarni Hamid Aly, MT Kepala Laboratorium Rekayasa Transportasi Universitas Hasanuddin.

2. Pengenalan  profil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin oleh Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Si., M.Eng.Sc., Ph.D. Kepala Laboratorium Riset Infrastruktur Transportasi, Pelabuhan dan Bandar Udara Universitas Hasanuddin.

3. Pemberian materi tentang Transportasi;  Bandar Udara; Rekayasa Infrastruktur Pelabuhan Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Si., M.Eng.Sc., Ph.D.

4. Pemberian materi tentang Transportasi;  Bandar Udara; Rekayasa Infrastruktur Pelabuhan Dr. Ir. Hj. Sumarni Hamid Aly, MT.

5. Penutupan, yaitu  diakhiri dengan pelepasan peserta studi banding secara resmi foto Bersama dan pemberian plakat dari perwakilan dosen Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih sebagai ucapan terima kasih atas penerimaan peserta studi banding.

6. Kunjungan Ruang kelas, studio dan multimedia dan Laboratorium.

Hari/Tanggal  : Rabu, 26 Februari 2020, Pukul : 13.00-16.00 WITA, Tempat: Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin . Peserta studi banding di ikuti oleh 53 mahasiswa dan 4 dosen pendamping.

Slider image
Slider image
Slider image
Slider image
Slider image