Pembukaan Kuliah Umum dan Matrikulasi di lingkup Pascasarajan Universitas Cenderawasih dilaksanakan pada tangal 22 dan 23 Agustus. Kuliah umum dan matrikulasi dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan live stream di kanal Youtube Pascasarjana Universitas Cenderawasih.

Hari pertama selasa 22 Agustus 2023 dimulai pada pukul 09:00 WIT penjelasan kebijakan akademik Universitas Cenderawasih oleh Dr. Onesimus Sahuleka. S.H., M.Hum. ( Pembantu Rektor I Bidang Akademik). Pukul 10:00 WIT dilanjutkan dengan Penjelasan Kebijakan Akademik Program Pasacsarjana oleh Dr. Basir Rohrohmana. S.H., Mum ( Asdir I Bidang Akademik), Pukul 10:30 WIT Kuliah umum oleh Prof. Dr. ARY MOLLET, SE., MBA., MTDeV., Dip.LED., Ph.D. dengan Topik Pendekatan Green Economic (Ekonomi Hijau) Merupakan Solusi Alternatif Pemberdayaan Masyarakat di Tanah Papua, di lanjutkan dengan materi Bahasa Inggris oleh Dr. Drs. Lalu Suhirman. M.Si. Hari Kedua  Rabu 23 Agustus 2023 dimulai  pada pukul 13:00 WIT dengan materi Etnografi Papua oleh Dr. Gerdha K. Numbery, S.Sos., M.Hum..

Setelah pemaparan materi selesai, Dosen membuka sesi tanya jawab. Mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan terkait materi atau mengajukan klarifikasi mengenai konsep yang sulit dipahami. Diskusi berlangsung interaktif dan memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk berpartisipasi.

Kuliah Umum dan Matrikulasi Hari I 22 Agustus 2023
Kuliah Umum dan Matrikulasi Hari II 23 Agustus 2023