Fakultas Teknik (FT) Universitas Cendrawasih (Uncen) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menandatangi kesepakatan pelaksanaan untuk menghadirkan Program Studi (Prodi) Magister Perencanaan Wilayah. Acara penandatanganan yang berlangsung di gedung Poltek Negeri Mimika di Timika Indah Kamis (11/2) itu dihadiri dalam acara tersebut, Sekertaris Daerah (Sekda) Mimika Ausilius You, S.Pd, M.M, Dekan Fakultas Teknik Uncen Apolo Safando, ST, MT, Ketua Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Uncen Dr. Suwandi, M.Si, Direktur Politeknik Negeri Timika Drs. H. Abdul Kadir, Ketua Pengelola Kelas Timika Joni Maria ST, para dosen dan undangan.

Koordinator dan penanggung jawab Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Kelas Mimika Ir. Irfan Bae, M.Si dalam sambutannya mengatakan, acara penandatanganan kerjasama operasional Pemkab Mimika telah dilaksanakan. Pihaknya berharap proses pendaftaran mahasiswa dan telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang didominasi oleh PNS dan swasta serta LSM yang nantinya akan menempuh kegiatan belajar selama 3 tahun.

“Kerjasama telah ditandatangan untuk melaksanakan operasional kegiatan belajar mengajar,” ujar Irfan saat dijumpai di ruang kerjanya, Minggu (14/2). Menurut Irfan, pendirian fakultas tersebut untuk menjawab ketertinggalan masyarakat Mimika, serta bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten. Disamping itu untuk mengurangi biaya perkuliahan diluar Mimika. Lanjut Irfan, dirinya sangat mengapresiasi kepada Pemkab Mimika atas dukungan fasilitas untuk menunjang pelaksanaan, bahkan proses belajar mengajar kelas magister (PWK) angkatan pertama telah berlangsung, oleh sebab itu dengan kesempatan ini pihak Poltek akan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menghasilkan magister-magister yang bisa berkarya untuk Mimika. “Dengan kesempatan yang diberikan dan dukungan fasilitas dari Pemkab,  kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk berkarya,” ujar Irfan. Zaman sekarang setiap manusia dihadapkan dengan era modern, era globalisasi, era persaingan sehingga setiap anak bangsa harus siap dalam segala perubahan yang terjadi di Indonesia terlebih khusus Papua, serta bisa mengambil sesuatu yang berasal dari aktivitas di lingkungan kerja sehingga kedepannya menjadi lebih baik. “Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita telah diperadabkan pada era persaingan bebas, dan transparansi dalam aktivitas kita setiap hari, untuk menjadi yang terbaik,” ujar Sekda dalam sambutannya. Lanjut You, dengan adanya program kuliah magister nantinya akan menghasilkan magister yang bisa menerapkan apa yang didapatkan semasa kuliah, pasalnya beberapa Mahasiswa diantaranya merupakan PNS yang nantinya akan membangun Mimika berdasarkan ilmu yang didapatkannya dengan melandaskan filosofi Eme Neme Yaware yang dicanangkan oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. You juga meyakini bahwa, walaupun fakultas tersebut baru dibuka namun You yakin dengan semangat integritas yang baik, walaupun baru kiranya dapat membantu Pemkab Mimika dalam membangun Mimika. “Saya yakin bahwa walaupun baru tapi prospek kedepan sangat baik dalam membantu Pemerintah dalam pembangunan,” tuturnya. Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Prodi Magister wilayah dan kota (PWK) Uncen.Apolo mengatakan, pelaksanaan operasional perkuliahan berdasarkan prosedur yang diatur dalam undang-undang dan keputusan mentri, terkait dengan pembukaan pendaftaran hingga menjadi Mahasiswa dan menyelesaikan atau wisuda. Lanjut Apolo, lulusan dari Fakultas Magister perencanaan wilayah nantinya akan dikembalikan kepada Pemerintah untuk mengimplementasikan, dengan meningkatkan sumber daya melalui proses perkuliahan dengan pengabdian dengan tujuan agar dapat meningkatkan SDM untuk dapat membangun Pemerintah. Namun Apolo mengharapkan agar kedepan tidak hanya Magister teknik saja yang dibuka, namun akan dibuka Prodi lainnya.

“Jadi lulusan itu akan dikembalikan ke Pemerintah untuk mengimplementasikan sesuai dengan apa yang diterapkan semasa kuliah, dan untuk kedepannya tidak hanya Magister teknik melainkan prodi lainnya,” harapnya (Ricky Lodar)

sumber: http://www.salampapua.com/2016/02/uncen-dan-pemkab-mou-prodi-magister.html