Pelaksanaan seleksi mahasiswa baru program Pascasarjana dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Seleksi mahasiswa Baru Program Pascasarjana yang ditetapkan oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih. Tugas panitia pelaksana adalah merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi dan menyusun laporan penerimaan mahasiswa baru, serta mengembangkan sistem penerimaan baru tersebut sesuai dengan hasil evaluasi. Kewenangan dari panitia pelaksana adalah menyusun pedoman operasional baku pelaksanaan seleksi, memberikan penugasan kepada masing-masing panitia dalam pelaksanaan seleksi serta mengelola keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Pelaksanaan seleksi mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Cenderawasih Tahun 2019/2020 diikuti oleh 8 (delapan) program magister (S2) dan 1 (satu) program doktoral (S3). Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih melakukan PMB sebanyak 2 (dua) gelombang, yang dilaksanakan pada Februari 2019 dan Juli 2019. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi dan promosi dilakukan melalui kunjungan ke setiap organisasi perangkat daerah (OPD), baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom serta penyebaran informasi melalui media siar, media cetak dan media online.

Pendaftaran kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan selama dua gelombang. Gelombang pertama diadakan pada tanggal 11 Maret – 30 April 2019. Gelombang kedua diadakan pada tanggal16 Mei – 28 Juni 2019 .

Seleksi dan ujian pada gelombang pertama diadakan pada tanggal 9 Mei 2019. Pengumuman hasil tes penerimaan mahasiswa baru gelombang I dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2019. Untuk seleksi dan ujian pada gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2019, dan pengumuman hasil kelulusan gelombang II dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019.

Dari 161 calon mahasiswa magister dan doktor, 47 diantaranya calon mahasiswa Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, calon mahasiswa telah melakukan pendaftaran ulang dan melengkapi beberapa berkas.

Proses seleksi mahasiswa dilaksanakan di gedung Pascasarjana Universitas Cenderawasih 2/2/2019. Dihari yang sama Ketua Program Studi Dr.Ir.Harmonis Rante., S.T.,M.T melaksanakan  tes wawancara calon mahasiswa baru. Calon mahaiswa baru yang telah lulus seleksi ditetapkan Oleh Rektor Dr.Ir. Apolo Sapanpo., S.T.,MT dalam SK Penetapan Kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2019/2020 No SK:411/UN20/DL/2019

Slider image

Pengarahan Sebelum Wawancara

Slider image

Proses Wawancara Ke-1

Slider image

Proses Wawancara Ke-2