Senin, 13 Februari 2023. Bertempat di halaman Gedung “B” Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana melaksanakan Launching penggunaan Surat Elektronik dengan QR Code. Launching dibuka oleh DIrektur Pascasarjana yang dihadiri oleh Asisten Direktur III Bidang Kerja Sama, serta Kaprodi beberapa program studi beserta staf di lingkungan Pascasarjana.

Melalui kesempatan tersebut direktur Pascasarajana Universitas Cenderawasih, menyampaikan tidak semua surat dapat mengunakan QR code, hanya 5 surat yang dapat diakomodir mengunakan QR code ini antara lain Surat Biasa Resmi Keluar, Surat Keputusan (SK), Surat Tugas, Pengumuman Resmi dan Undangan. Bentuk -bentuk lain yang tidak dapat diakomodir mengunakan QR code ini antara lain legalisir ijasah dan tesis atau disertasi, kedepannya akan dilakukan pengembangan sehingga dapat mengakomodir bentuk lain untuk dapat di tanda tangan  menggunakan QR code seperti sertifikat dan lain-lain. Direktur Pascasarjana berharap dengan adanya barcode ini semua urusan  tidak terhambat karena akan otomatis tertandatangani secara otomatis, dengan adanya kemudahan ini Direktur menginginkan tidak ada istilah molor atau menunda  karena yang bertanda tangan tidak ada di tempat, menurut Direktur tata persuratan menggunakan QR code ini sudah dilaksanakan di berbagai  lembaga atau pemerintahan, khusus pascasarajana baru memulai QR code terhitung tanggal 13 Februari 2023, tiap program studi  yang telah memiliki akun sudah bisa memulai mengajukan surat. Direktur juga mengharapkan dengan adanya QR code ini tidak ada lagi tanda tangan yang palsu atau tanda tangan scan.

Pada sesi berikutnya, pengoperasian aplikasi surat elektronik disampaikan oleh Pak Ilham, salah satu staf Disdukcapil Kota Jayapura yang membantu persiapan dari segi teknologi informasi. Beliau memaparkan proses atau mekanisme penggunaan tanda tangan elektronik kepada Asisten Direktur dan Ketua Program Studi yang hadir dalam Launching ini. “Saat ini, aplikasi masih menggunakan domain biasa, kedepan diharapkan bisa segera diintegrasikan dengan domain Universitas Cenderawasih