Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), adalah organisasi yang menjadi wadah berhimpun sekolah-sekolah perencanaan di Indonesia. ASPI merupakan organisasi sukarela, nirlaba, dan non politik, dengan manfaat dan kerja sama yang saling menguntungkan. ASPI didirikan tanggal 31 Maret 2000, berdasarkan kesepakatan yang didahului oleh beberapa sekolah perencanaan melalui Deklarasi Pendirian Asosiasi Sekolah perencanaan Indonesia ASPI bermaksud mempercepat pengembangan dan penyebarluasan ilmu dan profesi perencanaan di Indonesia. Asosiasi ini bertujuan meningkatkan keberadaan ilmu perencanaan dalam kelompok disiplin ilmu yang berdiri sendiri, mendorong sekolah-sekolah perencanaan untuk mengembangkan pendidikan perencanaan. serta memfasilitasi sekolah-sekolah perencanaan dalam bekerjasama dengan lembaga/ instansi pemerintah, swasta, masyarakat, baik nasional maupun internasional.

Program Studi Magister Perencanaan Wilayah Kota Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih adalah salah satu sekolah perencanaan di Indonesia, tepatnya di Papua. Yang mana telah melahirkan ahli-ahli perencanaan wilayah dan kota yang berkualitas dan berdaya saing, dengan basis keunggulan pada kemampuan analisis terhadap permasalahan empirik yang berkembang dalam proses perencanaan fisik perkotaan di Papua. Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan SDM yang unggul, profesional, berkualitas dalam perencanaan wilayah dan kota dengan mengembangkan IPTEK dan menciptakan inovasi yang dinamis. PS MPWK-PPs Uncen dibuka tahun 2015 Keputusan KEMENRISTEK DIKTI dengan SK 61/KPT/I/2015. Secara juridis, kehadiran Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota didukung oleh keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 108/DIKTI/2001 tentang Pembukaan Program Studi.

Sebagai salah satu Sekolah Perencanaan di Indonesia, Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih ingin mengajukan diri dalam keikutsertaannya sebagai salah satu anggota ASPI melalui Seminar Nasional, Workshop & Kongres ke-X ASPI di Pondtianak pada tanggal 3 – 5  Oktober 2019. Dengan memperkenalkan diri di pertemuan ASPI di tahun 2019 ini, PS MPWK-PPs Uncen berharap dapat menjalin hubungan kerjasama dengan seluruh Sekolah Perencanaan di Indonesia yang tergabung sebagai anggota ASPI. Kongres X ASPI di Pontianak, serta Surat Keputusan Kongres X ASPI No. 01/Kongres ASPI X/2019, tanggal 04 Oktober 2019. Program Studi Magister S2 – Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Cendrawasih telah diterima sebagai anggota resmi Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia dengan nomor registrasi: 072-19-2

Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih mengajukan diri sebagai anggota ASPI dengan mengajukan surat permohonan tertulis kepada pengurus untuk menjadi anggota dan memberikan pernyataan tertulis bahwa setuju dan tunduk pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ASPI, pada bulan September dengan Nomor Surat: 066/UN20.2.3.13/DL/2019. Permohonan keanggotaan ASPI disampaikan ke Sekretariat ASPI dengan melampirkan profil PS MPWK-PPs Uncen, Kurikulum, serta kelengkapan administrasi program studi PS MPWK-PPs Uncen. Persetujuan dan pengesahan keanggotaan diklakukan saat Rapat Anggota dan dilaporkan pada Kongres bersamaan pemberian sertifikat keanggotaan ASPI. Pelaksanaan Seminar Nasional, Workshop dan Kongres ke-X ASPI dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 s/d 5 Oktober 2019 di Pontianak dengan uraian sebagai berikut:

  1. Pembukaan, Seminar Nasional ASPI dan Penjurian Lomba Studio

Waktu      : Kamis, 3 Oktober 2019

Lokasi      : Hotel Grand Tulip, Pontianak

  • Workshop Penataan Ruang dan Kongres ke-X ASPI

Waktu      : Jum’at, 4 Oktober 2019

Lokasi      : Hotel Grand Tulip, Pontianak

  • Fieldtrip menyusuri Sungai Kapuas

Waktu      : Sabtu, 5 Oktober 2019

Lokasi      : titik kumpul di Hotel Golden Tulip, Pontianak

Tema : Percepatan Penyelenggaraan Penataan Ruang yang Inklusif, Inovatif, dan Berkelanjutan

Sub Tema :

  1. Pendidikan Perencanaan (teori, praktek, peluang, dan tantangan)
  2. Ragam Perencanaan Ruang (green, smart, inclusive spatial planning, dan lain-lain)
  3. Inovasi Penataan Ruang (metode, prosedur, inovasi perencanaan ruang) Praktik Perencanaan Ruang di Indonesia (best practices lokalitas tempat/ruang dan manusia)
Slider image
Slider image
Slider image
Slider image